Have an account?

Rabu, 07 April 2010

Cara Belajar Efektif

Sebagai pelajar tugas Anda adalah belajar dengan baik demi tercapainya cita-cita yang diinginkan untuk masa depan anda. Ujian sekolah telah tiba. Pastinya waktu belajar pun jadi makin sempit. Tapi jangan panik! Justru penting buat anda untuk mempersiapkan diri dengan baik. Caranya? Apalagi kalo bukan sistem belajar yang efektif!. Denger kalimat ‘belajar’ buat beberapa orang mungkin emang asik tapi bagi beberapa orang lainnya, mungkin males banget. Apa yang diomongkan gak segampang ngejalaninnya. Orang belajar pastinya, beda sama main internet atau facebookan, main game dan ngerjain hal-hal asik lainnya. Anda males belajar mungkin karna cara belajar Anda selama ini kurang benar. Anda belajar pas waktu ulangan atau ujian aja.

Sekarang waktunya ganti cara belajar kamu dengan cara belajar yang lebih bener, yang lebih jelas dan lebih mungkin hasilnya, dibandingi sistem belajar kebut semalem yang selama ini kamu lakukan. Yang namanya efektif, konotasinya lebih kurang singkat dan padat. Jadi tidak penting berapa lama kamu belajar, tapi secepat apa kamu bisa menyerap materi yang kamu pelajari. Kamu cuma perlu mencoba dan berlatih dan jangan gampang menyerah!!!

1. Pastiin kamu konsentrasi penuh waktu ngikutin pelajaran di sekolah. Gunanya, kamu lebih mudah inget lagi pas kamu harus mengulang pelajaran tersebut.

2. Ulang kembali pelajaran yang telah didapat di sekolah.
Mengulang kembali pelajaran yang didapat di sekolah akan mempermudah kamu mengingat kemabli pelajaran tersebut.

4. Mengulangi pelajaran tidak selalu dan tidak harus dengan cara menulis dan membaca. Dengan mengajari temen lain tentang materi pelajaran yang kamu terima, bikin kamu ingat materi itu dan kamu sendiri jadi makin mengerti.

5. Belajar SKS (sistem kebut semalam) atau belajar dadakan udah pasti gak bagus. Se-enggaknya sebulan sebelumnya kamu udah start. Caranya, dengan bikin ringkasan dan kesimpulan tiap buat pelajaran.

6. Di sini, di Indonesia kebanyakan orang belajar pas sore atau malam hari, tapi di negara lain ada kebiasaan yang beda loh, remaja di sana belajarnya kebanyakan siang hari. Dengan kondisi tubuh yang masih segar, membuat mereka lebih mudah konsentrasi. Sore atau malam harinya cuma mereka pake buat ngerjain tugas-tugas skul yang lebih ringan, bikin PR misalnya.

7. Kalau perlu dan mungkin memang perlu, istirahat atau off duli dari kegiatan rutin yang menyita banyak energi, misalnya olahraga. Kalo selama ini rutin berolah raga, coba selama musim ujian di istirahatin dulu.

6. Belajar sambil mendengarkan musik, pilih musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik seperti Beethoven atau Mozart bisa membantu kamu, karena musik ini cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas dan belajar di rumah.

Supported by :


0 komentar:

Posting Komentar