Have an account?

Minggu, 09 Mei 2010

Kualitas Pendidik Harus Diutamakan

Kualitas pendidik harus menjadi hal yang paling utama ditekankan bagi sekolah-sekolah di Indonesia khususnya di Kalimantan Barat Kabupaten Ketapang, agar mutu pendidikan dan pembelajaran siswa semakin meningkat. Kendati demikian, perhatian pada peningkatan kualitas pendidik tersebut tidak hanya mengharapkan program dan kebijakan pemerintah.

Menurut saya, program dan kebijakan pemerintah memang perlu, misalnya melalui sertifikasi guru. Namun, yang lebih penting, hal itu bisa dilakukan oleh sekolah itu sendiri, baik melalui dana milik sekolah maupun dana dari pemerintah itu sendiri,

Melalui dana milik sekolah dan dana dari pemerintah, sekolah dapat menggunakannya untuk memberikan training atau pelatihan kepada guru atau pendidik di sekolah maupun di luar sekolah. “Intinya, pendidik tersebut nantinya dibentuk menjadi pembelajar seumur hidup. Berdasarkan data masih banyak permasalahan guru yang saat ini jumlahnya 2.783.321 orang, termasuk sekitar 477.000 orang di antaranya adalah guru di bawah Departemen Agama.Selain itu, pendataan guru yang belum selesai tuntas menyebabkan kesulitan untuk mengetahui peta penyaluran dan permintaan. Apalagi, distribusi guru di daerah-daerah terpencil belum merata itu pun dengan catatan guru bersangkutan tersebut sedang menyelesaikan pendidikan S1. Permasalahan lain terkait dengan guru adalah belum semua guru mendapatkan program peningkatan kompetensi mereka.

Supported by :


12 komentar:

Freedom Borneo mengatakan...

bener tuh, kal mau maju bah, pendidikan lok yg di utmakan an......... bukanye politik.......

oh ye lor, dh aku pasang am link kw di aku t........

Yudi mengatakan...

Betul lor .Pendidikan itu sangat penting lw dak lewat pendidikan t gmne mau masuk dunia politik, siip makasih lor udh link back nye ....Tetap Semangat :)

Aby Umy mengatakan...

bujor am jang e
utamekan pendidikan

Ratasoe mengatakan...

Pmerintah harusx lbh memperhatikan sdm guru dan murid, ny mw ngkutin standart lo mua lum siap. Kesanx ky dipakskan..

Yudi mengatakan...

Aby Umy : Setuju jank....mang penting am itu t...

Yudi mengatakan...

Ratasoe : Makasih atas sarannya sob, emg sdm guru dan murid perlu diperhatikan sama pemerintah kita ..Namun menurut saya, yang lebih penting itu meningkatkan kualitas si pendidiknya yaitu guru,karena guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan dan bagi para peserta didiknya. Oleh karena itu guru harus mempunyai standar kualitas pribadi tertentu, yang mencakup tanggungjawab, wibawa, mandiri dan disiplin.

zee mengatakan...

Memang tepat sekali bila guru dan pengajar diberi pelatihan terlebih dahulu, agar kompeten pula dalam mengajar anak didik.

Yudi mengatakan...

zee : Makasih zee atas komentarnya ama kunjangannya ......

Shanty mengatakan...

Seorang pendidik emang harus berkompeten agar mampu menciptakan anak didik yang cerdas dan bisa memajukan bangsa qta!!!

nice post.....

Yudi mengatakan...

Shanty: Setuju banget ......maksih atas komen dan kunjungannya ......salam kenal ....

habibiezone mengatakan...

Wah bener itu, Kurang lebih Guru menentukan Kualitas Siswanya, tukar link yuk link antum udah mejeng di blog ana.., nice posting

Yudi mengatakan...

habibiezone : Oke sob link ente juga udh ane pasang di blog ane ....Makasih sob atas kunjungan baliknya dan komentarnya....

Posting Komentar