Have an account?

Kamis, 01 April 2010

PANTAI AIR MATI KETAPANG MENJADI DAYA TARIK WISATA


PANTAI AIR MATI, merupakan objek wisata yang menarik bagi turis lokal maupun luar negeri. terdapat di hutan mangrove Pantai Air Mati Ketapang, Kalimantan Barat, di Pantai Ari Mati terdapat berbagai tumbuhan hutan bakau seperti :

  • Api-api (Avicenia),
  • Bogem (Sconneratia alba),
  • Bakau (Rizophora mucronata dan Rizophora apiculata),
  • Tancang (Bruguirea sp),
  • Nyirih (Xylocarpus granatum),
  • Nyuruh (Carberaodolam), dan
  • Nipah (Nypa fructicans)
Tumbuhan itu hidup subur di pantai tersebut.
Aneka jenis tumbuhan yang hidup di hutan bakau sangat menarik untuk dipelajari, sehingga dapat dijadikan objek wisata.

Tumbuhan lain seperti Hibiscus tiliaceus (Waru laut) Terminalia catappa ( pohon Ketapang) Cocos nucifera (Kelapa) Pandanus tectorius (Pandan), Ipomea pres-caprae
(Ubi pantai), nibung (Oncosperma tigillaria) yang terdapat di obyek wisata Pantai Air Mati.

Tidak hanya penampilan pantai dengan pasir, angin, ombak, tetapi tumbuhan, flora, fauna dan kehidupan nelayan setempat menjadi daya tarik wisata asing maupun lokal.
Kawasan Pantai Air Mati juga menjadi tempat aktivitas para nelayan untuk membuat belat, memperbaiki kapal dan sampan serta transaksi ikan di kawasan pantai tersebut.

Di kawasan sungai dan muaranya terdapat ikan Sembilang yang mempunyai nilai ekonomi tinggi di Ketapang.Demikian juga ikan Kakap Putih, Ikan Belana,juga banyak terdapat di kawasan pantai tersebut.
Kawasan hutan bakau merupakan tempat bertelur dan membesarkan aneka jenis anak ikan. Kawasan tersebut merupakan kawasan subur.Obyek wisata Pantai Air Mati dapat menjadi obyek wisata ekoturisme akan lebih kaya dengan menampilkan aneka jenis tumbuhan dan biotanya.

Supported by :

2 komentar:

icaica mengatakan...

saya dukung pengembangan daerah wisata di kabupaten ketapang, semoga dapat menjadi tempat wisata keluarga yang nyaman,dan dapat pula menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat sekitarnya

Unknown mengatakan...

I have been looking for travel blog website, I’m glad I stumbled over this. Online Travel Agencies

Posting Komentar