Have an account?

Selasa, 16 Maret 2010

Menggunakan Internet untuk Perkaya Pengajaran dan Pembelajaran Sains



Kami terus mencari cara baru untuk menarik perhatian siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang aktif di mana pikiran terlibat dan kepentingan yang dipelihara. Internet adalah alat yang ampuh untuk melibatkan pikiran: kelompok sekolah dan individu siswa dapat berkolaborasi dalam proyek; siswa dapat mengejar kepentingan pribadi, mengambil tanggung jawab untuk mengumpulkan informasi sendiri, dan setiap orang dapat berkomunikasi dengan teman sebaya dan ahli di seluruh dunia. Bagi guru, Internet adalah sebuah elektronik pintu gerbang ke sumber daya dan pengalaman belajar jika tidak tersedia; tidak peduli seberapa khusus pada daerah tertentu mungkin, ada seseorang di Internet yang berbagi minat dan telah mengidentifikasi atau mengembangkan sumber daya bermanfaat. Melalui interaksi dengan orang lain, ide-ide, dan pengalaman baru bahwa kita semua membangun pengetahuan baru, dan kekuatan internet dalam kapasitasnya untuk memungkinkan interaksi dengan orang-orang lebih dari jarak yang jauh dan menghubungkan orang dengan sumber daya informasi yang jauh. Pada intinya, Internet menyediakan cara untuk keluar dari dinding-dinding sekolah dan melibatkan para siswa dengan orang-orang dan sumber daya yang tersebar di seluruh dunia

Potensi penuh dari internet sebagai alat untuk pembelajaran masih dieksplorasi, tapi salah satu keterbatasan utama pada saat ini mungkin imajinasi kita. Kami masih memperoleh pengalaman yang akan memungkinkan kita untuk membayangkan kemungkinan. Di sini kami menawarkan beberapa contoh cara di mana internet dapat digunakan sebagai alat untuk mengajar dan belajar ilmu pengetahuan.

Memfasilitasi Produktif Interaksi Karena individu dapat berinteraksi murah tanpa perlu mengkoordinasikan kali atau tempat interaksi mereka, percakapan virtual yang mungkin antara individu dengan jadwal yang sangat berbeda. Dengan menggunakan surat elektronik, seorang guru dapat berinteraksi secara individual dengan siswa atau orangtua siswa, mengirimkan pesan informasi melalui LISTSERV ke seluruh kelompok, atau memberikan bantuan dan akses ke sumber daya elektronik melalui situs web pribadi. Dengan alat komunikasi internet ini, seorang guru dapat benar-benar memberikan perhatian individu meningkat sementara belanja sedikit waktu dalam rapat, memperpanjang percakapan, atau berbicara di telepon. The Internet juga memungkinkan untuk kelas atau kelompok untuk berinteraksi dengan kelompok-kelompok sekolah lain pada jarak yang jauh . Misalnya, satu sekolah dikoordinasikan percobaan dengan 11 kelompok-kelompok kelas yang lain dari jauh seperti Australia dan Jepang (Lidbeck, 1996). Kelompok semua mengukur medan magnet bumi dan dibandingkan hasilnya. Tanpa Internet, biaya dan masalah logistik akan membuat pengalaman seperti mustahil. Akhirnya, ilmu terkait kelompok diskusi di World Wide Web memungkinkan siswa dan guru untuk berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia yang berbagi minat. Menjaga kepentingan adalah kunci dalam ilmu pengetahuan, jadi salah satu cara untuk mendorong satu atau dua siswa di kelas tertentu yang memiliki kepentingan yang unik adalah untuk membina interaksi dengan orang lain yang berbagi minat.

0 komentar:

Posting Komentar